Suatu database digunakan untuk
menyimpan sistem akademik pada suatu PT XYZ, PT tersebut memiliki beberapa
bagian dan proses yaitu Dosen, Mahasiswa, Matakuliah, Ruang kuliah, Pengambilan
matakuliah setiap semester, Hasil studi tiap semester, Terdapat matakuliah
prasyarat, Transkrip sementara.
Jumlah mahasiswa yang dimiliki
rata-rata minimal 150 mahasiswa baru setiap program studinya. Memiliki 15
program studi yang ada. Setiap tahun membuka penerimaan mahasiswa baru dan
selama ini telah beroperasi selama lebih dari 10 tahun. Sebagai dasar rapat
pimpinan setiap akhir tahun pimpinan PT meminta laporan dalam bentuk grafis dan
cross tab tabel yang berhubungan dengan tren kemampuan akademis mahasiswa
setiap program studi dan tiap matakuliah untuk menilai kinerja dosen.
1. Akar
masalah dan perkiraan cara mengatasinya
2. Metode
RPL yang digunakan, serta penjelasan setiap tahap dari pengerjaan proyek yang
akan diselesaikan.
3. Analisa
menggunakan ER-D atau EER-D (pemodelan database menggunakan model Chen)
Tanggal 3/3/15 SMBD
Pembahasan Tugas 1. Revisi hasil:
a.
Transformasi/mapping dari ER-D/EER-D dalam
bentuk skema relasi
b.
Nama objek sebagai bentuk implementasi proyek
Tugas Minggu ke-2. 3/3/2015
a.
Membuat revisi Tugas 1, dikumpulkan ke portal
akademik dalam bentuk berkas .pdf
b.
Membuat Jadwal pelaksanaan proyek/Jadwal
kegiatan menggunakan Gant Chart yang disesuaikan dengan metode RPL yang
digunakan.
c.
Menentukan struktur tabel (lengkap dengan relasionalnya).
d.
Menentukan bahasa pemrograman dan DBMS yang akan
dipakai, serta hasil implementasinya dalam bentuk print out (screen)
Cara pengumpulan Tugas 2, cetak dalam maksimal 3 lembar
kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi
maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak
secara bolak-balik, anggota dan nama kelompok dituliskan pada bagian
header/footer.
Pembahasan Tugas 2 10/3/2015
Revisi yang harus dilakukan:
1.
Bubuhkan identitas/nomor/nama kelompok dan NIM
dari setiap anggota aktif (yang tidak aktif tidak perlu dicantumkan).
2.
Berikan penjelasan dari setiap gambar/tabel dan
berikan nomor gambar/tabel yang ada.
3.
Lengkapi analisis Normalisasi dari setiap tabel
yang telah dibuat agar tidak ada atribut yang aneh (terdapat anomaly)
Tugas Minggu Ke-3 10/3/2015
1.
Melengkapi revisi dan mengirimkan ke
e-mail/portal akademik.
2.
Mengisi data minimal sesuai dengan studi kasus
(sesuiakan dengan scenario kasus yang diangkat).
3.
Membuat perancangan FORM (GUI) melalui aplikasi
program.
4.
Membuat perancangan sistem (menggunakan UML /
Context Diagram (DFD-leveled))
Cara pengumpulan Tugas 3, cetak dalam maksimal 4 lembar
kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi
maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak
secara bolak-balik, anggota, NIM dan nama kelompok dituliskan pada bagian
header/footer.
Pembahasan Tugas Minggu ke 3
17/3/2015
1.
Perbaiki narasi dari setiap gambar rancangan GUI
yang dimiliki dan narasi dari perancangan sistemnya.
2.
Print screen layout dari data setiap tabel
(semua tabel dan relasi yang ada) masing-masing minimal yang ditampilkan 5
data.
3.
Perbaikan ini sebagai tugas minggu ke 4, dengan
cara pengumpulan sama dengan tugas minggu ke 3.
Pengumpulan Tugas Minggu Ke-4
24/3/2015
Tugas minggu ke-5
Responsi/ulangan tengah semester (24/3/2015)
Yang harus disiapkan:
1.
Slide presentasi hasil pembahasan dan pengerjaan
tugas minggu ke-1 s/d minggu ke-4 sebagai bentuk tugas minggu ke-5
2.
Mengumpulkan laporan lengkap dari seluruh tugas
yang telah diberikan dalam bentuk laporan cetak dan dalam bentuk file .pdf
masukkan dalam CD (dijadikan 1 CD). Aturan pengumpulan laporan lengkap:
a.
Maksimal 30 lembar boleh bolak-balik, dalam
kertas A4 atau letter baik bagian pendahuluan maupun bagian isi.
b.
Terdiri dari bagian (1) pendahuluan, yaitu Cover
dan anggota kelompok, daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel. (2) Bagian
isi merupakan bab-bab dari setiap tugas yang diberikan. (3) Bagian akhir berisi
referensi dan daftar pustaka, serta lampiran jika ada.
c.
Font maksimal 11 pt, dengan jenis standar
/default dari Ms. Word atau aplikasi pengolah kata yang dipakai.
d.
Batas tepi atas, kiri, kanan, bawah adalah 2, 2,
1.5, 1.5 secara berurutan.
e.
Spasi maksimal 1.5 cm untuk antar paragraph,
bagian judul dan sub judul. Maksimal 1 cm untuk seluruh baris kalimat baik
kalimat dalam paragraph maupun dalam sebuah tabel.
f.
Pada bagian footer cantumkan nomor kelompok, NIM
dan nama serta nomor halaman
3.
Mempersiapkan materi ujian yang mencakup seluruh
penguasaan materi tugas dan materi kuliah secara teori.
4.
Ujian akan dilakukan dengan model presentasi dan
Tanya-jawab ke- setiap anggota kelompok, seluruh anggota kelompok harus hadir
tepat waktu. Hasil ujian akan direkap secara langsung (tidak ada ujian
susulan!).
No comments:
Post a Comment
Silahkan memberikan komentar, saran, pertanyaan atau apapun yang penting sesuai dengan etika.