Bagaimana
iplementasi basis data relasional pada sebuah koperasi XYZ yang bergerak pada
bidang simpan pinjam, persewaan alat
dan tabungan berjangka. Koperasi tersebut mengalami pertumbuhan setiap
tahun rata-ratalebih dari 300 nasabah
baru, dan telah beroperasi lebih dari 10 tahun. Pada awal-awal tahun berdirinya sering mengalami
kredit macet dan kurang akurat dalam pendataan nasabah yang memiliki lebih dari
satu rekening. Setiap akhir tahun pimpinan selalu meminta laporan rekap rugi
laba dan tren pertumbuhan dari setiap usaha yang dilakukan menggunakan grafik.
Tren tersebut akan digunakan untuk mendukung keputusan penggunaan teknologi
tepat guna untuk pelayanan nasabah.
a. Penggalian
akar masalah dan lingkup perkiraan penyelesaiannya menggunakan pendekatan
pemanfaatan teknologi sistem informasi khususnya basis data
b. Pemaparan
metode pengembangan/rekayasa perangkat lunaknya
c. Analisa pemodelan data menggunakan ER-D atau
EER-D (model Chen)
3/3/15 SMBD A
Pembahasan Tugas 1
a. Merubah
ER-D hasil kelompok ke dalam bentuk ER-D dasar
b. Mengubah
ER-D menjadi EER-D
c. Mapping/Transformasi
EER-D ke dalam Skema Relasional
Tugas Minggu 2. 3/3/2015
a.
Membuat revisi Tugas 1, dikumpulkan ke portal
akademik dalam bentuk berkas .pdf (jika portal bermasalah maka pengumpulan
sesuai kesepakatan)
b.
Membuat Jadwal pelaksanaan proyek/Jadwal
kegiatan menggunakan Gant Chart yang disesuaikan dengan metode RPL yang
digunakan.
c.
Menentukan struktur tabel (lengkap dengan
relasionalnya).
d.
Menentukan bahasa pemrograman dan DBMS yang akan
dipakai, serta hasil implementasinya dalam bentuk print out (screen)
Cara pengumpulan Tugas 2, cetak dalam maksimal 3 lembar
kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi
maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak
secara bolak-balik, anggota dan nama kelompok dituliskan pada bagian
header/footer.
10/3/15 SMBD A Pembahasan Tugas 2
1.
Lengkapi setiap tugas sebelumnya (bagi yang
belum ada Gant Chart, struktur tabel, relasi, dst)
2.
Bubuhkan identitas/nomor/nama kelompok dan NIM
dari setiap anggota aktif (yang tidak aktif tidak perlu dicantumkan).
3.
Berikan penjelasan dari setiap gambar/tabel dan
berikan nomor gambar/tabel yang ada.
4.
Lengkapi analisis Normalisasi dari setiap tabel
yang telah dibuat agar tidak ada atribut yang aneh (terdapat anomaly)
Tugas Minggu Ke-3 10/3/2015
1.
Melengkapi revisi dan mengirimkan ke
e-mail/portal akademikàLebih
disukai dalam satu CD saja.
2.
Mengisi data minimal sesuai dengan studi kasus
(sesuaikan dengan scenario kasus yang diangkat).
3.
Membuat perancangan FORM (GUI) melalui aplikasi
program.
4.
Membuat perancangan sistem (menggunakan UML /
Context Diagram (DFD-leveled))
Cara pengumpulan Tugas 3, cetak dalam maksimal 4 lembar
kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi
maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak
secara bolak-balik, anggota, NIM dan nama kelompok dituliskan pada bagian
header/footer.
Pembahasan Tugas Minggu ke 3
17/3/2015
1.
Perbaiki narasi dari setiap gambar rancangan GUI
yang dimiliki dan narasi dari perancangan sistemnya.
2.
Print screen layout dari data setiap tabel
(semua tabel dan relasi yang ada) masing-masing yang ditampilkan 5 data.
Perbaikan ini sebagai tugas minggu ke 4, dengan
cara pengumpulan sama dengan tugas minggu ke 3.
Tugas minggu ke-5
Responsi/ulangan tengah semester (24/3/2015)
Yang harus disiapkan:
1.
Slide presentasi hasil pembahasan dan pengerjaan
tugas minggu ke-1 s/d minggu ke-4 sebagai bentuk tugas minggu ke-5
2.
Mengumpulkan laporan lengkap dari seluruh tugas
yang telah diberikan dalam bentuk laporan cetak dan dalam bentuk file .pdf
masukkan dalam CD (dijadikan 1 CD). Aturan pengumpulan laporan lengkap:
- Maksimal 30 lembar boleh bolak-balik, dalam kertas A4 atau letter baik bagian pendahuluan maupun bagian isi.
- Terdiri dari bagian (1) pendahuluan, yaitu Cover dan anggota kelompok, daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel. (2) Bagian isi merupakan bab-bab dari setiap tugas yang diberikan. (3) Bagian akhir berisi referensi dan daftar pustaka, serta lampiran jika ada.
- Font maksimal 11 pt, dengan jenis standar /default dari Ms. Word atau aplikasi pengolah kata yang dipakai.
- Batas tepi atas, kiri, kanan, bawah adalah 2, 2, 1.5, 1.5 secara berurutan.
- Spasi maksimal 1.5 cm untuk antar paragraph, bagian judul dan sub judul. Maksimal 1 cm untuk seluruh baris kalimat baik kalimat dalam paragraph maupun dalam sebuah tabel.
- Pada bagian footer cantumkan nomor kelompok, NIM dan nama serta nomor halaman
4.
Ujian akan dilakukan dengan model presentasi dan
Tanya-jawab ke- setiap anggota kelompok, seluruh anggota kelompok harus hadir
tepat waktu. Hasil ujian akan direkap secara langsung (tidak ada ujian
susulan!).
No comments:
Post a Comment
Silahkan memberikan komentar, saran, pertanyaan atau apapun yang penting sesuai dengan etika.