Translate

02 March 2015

Studi Kasus SIMBADA Kelas B

Membuat proyek implementasi basis data dan cara manajemen basis data dengan tema penjualan secara tunai dan kredit.
Studi Kasus:


Terdapat sebuah minimarket dengan nama XYZ-Mart, usaha tersebut sudah beroperasi lebih dari lima tahun, barang dagangan berupa sembako dan barang-barang lain baik itu berupa barang konsinyasi atau barang yang diperoleh dari pemasok. Pembeli memiliki beberapa karakteristik yaitu terdapat pembeli yang menjadi anggota dan bukan anggota, pembeli dengan model grosir maupun eceran, dan pembeli dengan tunai, kredit maupun dibayar menggunakan model tempo. Barang dagangan yang tersedia memiliki jenis dan macam yang setiap tahunnya mengalami perkembangan. Setiap hari rata-rata minimal terdapat 5 nama barang dalam berbagai jenis (kategori) barang. Sedangkan jenis barang mengalami pertambahan setiap bulan minimal 5 jenis (kategori) barang. Pada tahun pertama dan bulan bertama saat operasional jumlah pelanggan yang menjadi member hanya sekitar 100 pelanggan,sampai sekarang mengalami Peningkatan minimal 70% setiap bulannya.
Setiap minggu pemiliki minimart selalui melihat jumlah keuntungan, jumlah omset, jumlah pajak, dan tren Peningkatan penjualan menggunakan laporan berupa grafik maupun tabel multi kolom dan baris (cross tab/pivot table)

Tugas Minggu 1 2/3/2015
a. Penggalian akar masalah dan lingkup perkiraan penyelesaiannya menggunakan pendekatan pemanfaatan teknologi sistem informasi khususnya basis data
b. Pemaparan metode pengembangan/rekayasa perangkat lunaknya
c. Analisa pemodelan data menggunakan ER-D atau EER-D (model Chen)
Pembahasan Tugas 1 9/3/2015
a.       Revisi Latar Belakang, kurang rinci: sebaiknya diceritakan aturan mainnya (business rule) agar lebih rinci dalam menentukan arah bisnis organisasi
b.      Revisi ER-D hasil dari setiap kelompok ke dalam bentuk ER-D dasar
c.       Mengubah ER-D menjadi EER-D
d.      Mapping/Transformasi EER-D ke dalam Skema Relasional
Tugas Minggu 2 9/3/2015
a.       Membuat revisi Tugas 1, dikumpulkan ke portal akademik dalam bentuk berkas .pdf (jika portal bermasalah maka pengumpulan sesuai kesepakatan)
b.      Membuat Jadwal pelaksanaan proyek/Jadwal kegiatan menggunakan Gant Chart yang disesuaikan dengan metode RPL yang digunakan.
c.       Menentukan struktur tabel (lengkap dengan relasionalnya).
d.      Menentukan bahasa pemrograman dan DBMS yang akan dipakai, serta hasil implementasinya dalam bentuk print out (Print Screen)
Cara pengumpulan Tugas 2, cetak dalam maksimal 3 lembar kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak secara bolak-balik, anggota dan nama kelompok dituliskan pada bagian header/footer.
Pembahasan Tugas 2 16/3/2015
1.       Lengkapi setiap tugas sebelumnya (bagi yang belum ada Print Screen implementasi ke DBMS, struktur tabel, relasi, dst).
2.       Berikan penjelasan/narasi secukupnya dari setiap gambar/tabel dan berikan nomor gambar/tabel yang ada.
3.       Lengkapi analisis Normalisasi dari setiap tabel yang telah dibuat agar tidak ada atribut yang aneh (terdapat anomaly).
Tugas Minggu Ke-3 16/3/2015
1.       Melengkapi revisi dan mengirimkan ke e-mail/portal akademikàLebih disukai dalam satu CD saja.
2.       Mengisi data minimal sesuai dengan studi kasus (sesuaikan dengan scenario kasus yang diangkat).
3.       Membuat perancangan FORM (GUI) melalui aplikasi program.
4.       Membuat perancangan sistem (menggunakan UML / Context Diagram (DFD-leveled))
Cara pengumpulan Tugas 3, cetak dalam maksimal 5 lembar kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak secara bolak-balik, anggota, NIM dan nama kelompok dituliskan pada bagian header/footer.
Pembahasan Tugas Minggu ke-3 23/3/2015
1.    Perbaiki narasi dari setiap gambar rancangan GUI yang dimiliki dan narasi dari perancangan sistemnya.
2.    Print screen layout dari data setiap tabel (semua tabel dan relasi yang ada) masing-masing yang ditampilkan 5 data.

3.    Perbaikan ini sebagai tugas minggu ke 4, dengan cara pengumpulan sama dengan tugas minggu ke 3.

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar, saran, pertanyaan atau apapun yang penting sesuai dengan etika.

Posting Popular