Translate

24 February 2015

Studi Kasus SIMBADA Kelas A

Bagaimana iplementasi basis data relasional pada sebuah koperasi XYZ yang bergerak pada bidang simpan pinjam, persewaan alat dan tabungan berjangka. Koperasi tersebut mengalami pertumbuhan setiap tahun rata-ratalebih dari 300 nasabah baru, dan telah beroperasi lebih dari 10 tahun. Pada awal-awal tahun berdirinya sering mengalami kredit macet dan kurang akurat dalam pendataan nasabah yang memiliki lebih dari satu rekening. Setiap akhir tahun pimpinan selalu meminta laporan rekap rugi laba dan tren pertumbuhan dari setiap usaha yang dilakukan menggunakan grafik. Tren tersebut akan digunakan untuk mendukung keputusan penggunaan teknologi tepat guna untuk pelayanan nasabah. 
a. Penggalian akar masalah dan lingkup perkiraan penyelesaiannya menggunakan pendekatan pemanfaatan teknologi sistem informasi khususnya basis data
b. Pemaparan metode pengembangan/rekayasa perangkat lunaknya
c. Analisa pemodelan data menggunakan ER-D atau EER-D (model Chen)


3/3/15 SMBD A Pembahasan Tugas 1
a.       Merubah ER-D hasil kelompok ke dalam bentuk ER-D dasar
b.      Mengubah ER-D menjadi EER-D
c.       Mapping/Transformasi EER-D ke dalam Skema Relasional
Tugas Minggu 2. 3/3/2015
a.       Membuat revisi Tugas 1, dikumpulkan ke portal akademik dalam bentuk berkas .pdf (jika portal bermasalah maka pengumpulan sesuai kesepakatan)
b.      Membuat Jadwal pelaksanaan proyek/Jadwal kegiatan menggunakan Gant Chart yang disesuaikan dengan metode RPL yang digunakan.
c.       Menentukan struktur tabel (lengkap dengan relasionalnya).
d.      Menentukan bahasa pemrograman dan DBMS yang akan dipakai, serta hasil implementasinya dalam bentuk print out (screen)
Cara pengumpulan Tugas 2, cetak dalam maksimal 3 lembar kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak secara bolak-balik, anggota dan nama kelompok dituliskan pada bagian header/footer.
10/3/15 SMBD A Pembahasan Tugas 2
1.       Lengkapi setiap tugas sebelumnya (bagi yang belum ada Gant Chart, struktur tabel, relasi, dst)
2.       Bubuhkan identitas/nomor/nama kelompok dan NIM dari setiap anggota aktif (yang tidak aktif tidak perlu dicantumkan).
3.       Berikan penjelasan dari setiap gambar/tabel dan berikan nomor gambar/tabel yang ada.
4.       Lengkapi analisis Normalisasi dari setiap tabel yang telah dibuat agar tidak ada atribut yang aneh (terdapat anomaly)
Tugas Minggu Ke-3 10/3/2015
1.       Melengkapi revisi dan mengirimkan ke e-mail/portal akademikàLebih disukai dalam satu CD saja.
2.       Mengisi data minimal sesuai dengan studi kasus (sesuaikan dengan scenario kasus yang diangkat).
3.       Membuat perancangan FORM (GUI) melalui aplikasi program.
4.       Membuat perancangan sistem (menggunakan UML / Context Diagram (DFD-leveled))
Cara pengumpulan Tugas 3, cetak dalam maksimal 4 lembar kertas letter/A4, dengan font maksimal 11, batas tepi maksimal 2 cm, spasi maksimal 1,5 untuk paragraph dan judul dan 1 spasi untuk antar baris, dicetak secara bolak-balik, anggota, NIM dan nama kelompok dituliskan pada bagian header/footer.
Pembahasan Tugas Minggu ke 3 17/3/2015
1.       Perbaiki narasi dari setiap gambar rancangan GUI yang dimiliki dan narasi dari perancangan sistemnya.
2.       Print screen layout dari data setiap tabel (semua tabel dan relasi yang ada) masing-masing yang ditampilkan 5 data.
Perbaikan ini sebagai tugas minggu ke 4, dengan cara pengumpulan sama dengan tugas minggu ke 3.


Tugas minggu ke-5 Responsi/ulangan tengah semester (24/3/2015)
Yang harus disiapkan:
1.       Slide presentasi hasil pembahasan dan pengerjaan tugas minggu ke-1 s/d minggu ke-4 sebagai bentuk tugas minggu ke-5
2.       Mengumpulkan laporan lengkap dari seluruh tugas yang telah diberikan dalam bentuk laporan cetak dan dalam bentuk file .pdf masukkan dalam CD (dijadikan 1 CD). Aturan pengumpulan laporan lengkap:
  1. Maksimal 30 lembar boleh bolak-balik, dalam kertas A4 atau letter baik bagian pendahuluan maupun bagian isi.
  2.  Terdiri dari bagian (1) pendahuluan, yaitu Cover dan anggota kelompok, daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel. (2) Bagian isi merupakan bab-bab dari setiap tugas yang diberikan. (3) Bagian akhir berisi referensi dan daftar pustaka, serta lampiran jika ada.
  3. Font maksimal 11 pt, dengan jenis standar /default dari Ms. Word atau aplikasi pengolah kata yang dipakai.
  4. Batas tepi atas, kiri, kanan, bawah adalah 2, 2, 1.5, 1.5 secara berurutan.
  5. Spasi maksimal 1.5 cm untuk antar paragraph, bagian judul dan sub judul. Maksimal 1 cm untuk seluruh baris kalimat baik kalimat dalam paragraph maupun dalam sebuah tabel.
  6. Pada bagian footer cantumkan nomor kelompok, NIM dan nama serta nomor halaman
3.       Mempersiapkan materi ujian yang mencakup seluruh penguasaan materi tugas dan materi kuliah secara teori.
4.       Ujian akan dilakukan dengan model presentasi dan Tanya-jawab ke- setiap anggota kelompok, seluruh anggota kelompok harus hadir tepat waktu. Hasil ujian akan direkap secara langsung (tidak ada ujian susulan!).

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar, saran, pertanyaan atau apapun yang penting sesuai dengan etika.

Posting Popular