Translate

07 September 2015

Format Penulisan Bagian ISI dari Laporan KKL

Untuk melengkapi dan memperjelas format penulisan laporan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) bagi mahasiswa yang saya bimbing, di sini akan diuraikan bagian-bagian penting laporan KKL yang sebaiknya ditulis. Penulisan laporan  KKL terdiri dari bagian depan, isi dan bagian belakang. Bagian yang akan diuraikan lagi dengan jelas pada artikel saya ini adalah bagian isi.
Jika ingin mengunduh panduan pelaksanaan dan format penulisan KKL lengkap silahkan ikuti tautan berikut (panduan KKLFT-SI UMK 2015).

Penulisan bagian depan

Penulisan bagian depan terdiri dari: Cover dan Judul, Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan, Ringkasan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar daftar istilah penting jika ada. Pada bagian ini dalam panduan sudah disediakan template format pembuatannya, silahkan unduk pada panduan.

Penulisan bagian isi

Penulisan pada bagian isi KKL terdiri dari 5 Bab, yaitu Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V yang masing -masing berisi:

Bab I Pendahuluan

Penulisan latar belakang dan permasalahan disajikan dalam bentuk uraian yang secara kronologis diarahkan  untuk  langsung menuju  rumusan masalah.  Dalam  latar  belakang dan permasalahan  dapat dimasukkan  beberapa  uraian  singkat  informasi  dari objek terdahulu  yang  dapat  memperkuat  alasan  mengapa kegiatan ini dilakukan. Pada bagian ini berisi Latar Belakang, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Manfaat, Tinjauan Pustaka dan Sistematika Penulisan.
Tinjauan Pustaka memuat uraian sistematis tentang informasi hasil penelitian yang disajikan dalam pustaka dan menghubungkannya dengan masalah yang sedang diamati. Fakta-fakta yang dikemukakan sejauh mungkin diacu dari sumber aslinya, dengan mengikuti cara sitasi nama-tahun dalam kurung biasa (dengan gaya Hardvard). Sitasi tidak dari sumber asli  hanya boleh dilakukan dalam keadaan terpaksa (sumber aslinya sangat sulit ditemukan).

Bab II Dasar Teori

Pada bab ini merupakan uraian singkat dari teori dasar yang dipakai dalam laporan, agar pembaca tidak mengalami salah tafsir dari istilah-istilah penting yang digunakan dalam penulisan laporan. Hal-hal yang dimuat biasanya berupa pengertian-pengertian dan sifat-sifat yang diperlukan untuk pembahasan di bab-bab berikutnya. Apabila diperlukan, pada bagian ini dimungkinkan memuat hipotesis yang lebih terfokus/spesifik. Hipotesis (jika ada) memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka dan merupakan jawaban sementara (conjecture) terhadap masalah yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan kebenarannya.

Bab III Tinjauan Umum Perusahaan

Bab II ini berisi tentang objek  kunjungan, yaitu perusahaan yang telah dikunjungi dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan.  Pada bab ini disampaikan gambaran secara umum perusahaan, proses bisnis yang dilaksanakan, spesifikasi produk yang dihasilkan, struktur organisasi, job discription, dan alamat perusahaan.

Bab IV Pembahasan

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dari laporan KKL, karena bagian ini memuat semua  temuan yang diperoleh sebagai data hasil pengamatan melalui proses kunjungan yang berupa penjabaran dari materi yang telah diresume dalam kegiatan kunjungan langsung di lapangan. Pada bab ini mahasiswa membahas seusai dengan topik yang dapat diangkat dari perusahaan yang dikunjungi. Topik yang diangkat dapat mengenai teknologi hardware, jaringan maupun software terbaru yang digunakan, atau juga mengenai sistem-sistem yang dibangun dan telah berjalan diperusahaan tersebut.
Bagian ini  diharapkan dapat memberikan penjelasan ilmiah, yang secara logis dapat menerangkan alasan diperolehnya hasil-hasil tersebut. Pada bagian ini, mahaiswa menyusun secara sistematis disertai argumentasi yang rasional tentang informasi yang diperoleh dalam kunjungan ke lapangan, terutama informasi yang relevan dengan masalah yang dijadikan tema/topik pembicaraan. Pembahasan terhadap hasil kunjungan yang diperoleh dapat disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
Dalam pelaksanaannya, bagian ini dapat digunakan untuk memperbandingkan hasil-hasil temuan yang diperoleh dalam kunjungan yang sedang dilakukan terhadap teori-teori yang pernah didapatkan di bangku perkuliahan. Secara ilmiah, hasil laporan kunjungan KKL dapat berupa temuan baru atau perbaikan, penegasan, atau penolakan interpretasi suatu fenomena ilmiah dari teori yang sebelumnya telah dipahami.
Untuk memperjelas penyajian, hasil pengamatan disajikan secara cermat dalam bentuk tabel, kurva, grafik,  foto,  atau  bentuk lain,  sesuai  keperluan  secara  lengkap  dan  jelas. Perlu diusahakan agar saat membaca hasil penelitian dalam format tersebut, pembaca tidak perlu mencari informasi terkait dari uraian dalam pembahasan.

Bab V Penutup

Bab IV ini berisi kesimpulan dan saran, yaitu kesimpulan topik yang telah dibahas pada bab pembahasan yang memuat secara singkat dan jelas tentang hasil pengamatan dari kunjungan yang diperoleh sesuai dengan tujuan laporan KKL. Apabila diperlukan, saran digunakan untuk menyampaikan masalah yang dimungkinkan untuk penelitian lebih lanjut yang ditujukan kepada mahasiswa berikutnya yang akan mengangkat topik yang sama walau perusahaan berbeda.

No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar, saran, pertanyaan atau apapun yang penting sesuai dengan etika.

Posting Popular